JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Vol. 6 No. 2 (2021): JP2BS

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS BERMUATAN PESAN MORAL BERSUMBER PADA CERPEN HELVY TIANA ROSA

Malahayati, Shafwan Hadi Umry, Rahmat Kartolo (Pascasarjana Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Kritis Bermuatan Pesan Moral Yang Bersumber Dari Cerpen Helvy Tiada Rosa Untuk Siswa Kelas X SMA Nurul ImanTanjung Morawa”. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan the R & D cycle) nya Borg dan Gall. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengumpulan Data, mendesain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, dan Hasil Massal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non-tes dan tes.Penelitian menggunakan ahli materi untuk memvalidasi bahan ajar.Teknik analisis data dengan analisis deksriptif.Hasil pengembangan bahan ajar keterampilan membaca kritis bermuatan pesan moral yang bersumber dari cerpen Helvy Tiada Rosa untuk siswa kelas x SMA Nurul ImanTanjung Morawa termasuk pada kategori “Baik”.Hasil validasi pengembangan bahan ajar apresiasi sastra pada aspek materi bahan ajar sebesar 3, secara keseluruhan dapat dikategorikan “Baik”. Berdasarkan efektivitas pengembangan dengan menggunakan bahan ajar yang sudah di validasi, maka pengetahuan, pemahaman dan Keterampilan menemukan informasi faktual, menemukan ide pokok yang tersirat, menemukan unsur urutan, unsur perbandingan, unsur sebab akibat yang tersirat, menemukan suasana, membuat kesimpulan, menemukan tujuan pengarang, memprediksi atau menduga dampak. Keterampilan membedakan opini dan fakta.Isi cerpen & opini interpretasi pesan moral cerpen.Keterampilan membedakan realitas dan pantasi.Keterampilan mengikuti petunjuk.Keterampilan menemukan unsur propoganda.Keterampilan menilai keutuhan gagasan.Keterampilan menilai kelengkapan antar gagasan.Keterampilan menilaian keruntutan gagasan.Keterampilan menilai kesesuaian antara judul dan isi bacaan.Keterampilan membuat kerangka bahan bacaan dan, Keterampilan menemukan tema karya sastra berada pada kategori sangat Baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2BS

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JP2BS is a high-quality open access research journal published by Institute for Research and Community Service of Muslim Nusantara Al Washliyah University (LP2MUMNAW). JP2BS receives research articles written by researchers, teachers, students, academics, professionals, and practitioners, this ...