DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 2 No 1 (2021): Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika

Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Metode Pembelajaran Learning Contracts dengan Metode Pembelajaran Learning Journals Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Enrekang

Ruslimin. A (Unknown)
Agung Suci Dian Sari (Unknown)
Hafsyah Hafsyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1Enrekang yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Contracts, untukmengetahui hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Enrekang yang diajar denganmenggunakan metode Learning Journals dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarmatematika siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Learning Contractsdengan yang diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Learning Journals pada siswakelas X SMAN 1 Enrekang. Penelitian ini merupakan Two group, pretest posttest design.Instrumen yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah adalah tes hasil belajar siswayang terkait dengan materi trigonometri dan lembar observasi. Pengolahan data yangdilakukan penulis dalam hal ini adalah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif daninferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasilbelajar matematika kelas eksperimen I adalah 71,81 sedangkan kelas eksperimen II adalah78,86. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh thitung = −2,22 , harga iniselanjutnya dibandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 66 pada taraf signifikansi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diferensial

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di ...