Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2021): AGUSTUS

TINJAUAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE SOSIODRAMA

Yeni Fitri Ariska (Mahasiswa Angkatan 2016 PG PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala)
Fakriah . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Siti Naila Fauzia (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Keywords: Spoken Language, Sociodrama Method, and Early Childhood This  study,  entitled  "Review  of  Early  Childhood  Oral  Language  Skills  through  the Sociodrama Method" raises the issue of how children's oral language skills can be developed using the sociodrama method. This study aims to describe the oral language skills of early childhood using the sociodrama method. The method used is Library Research with a descriptive Content Analysis approach. The results of data analysis revealed that, spoken language can be affected by sociodrama activities, namely a game that dramatizes a story played by children to achieve a message from the story that is delivered in dramatization, and the sociodrama method is a method of action where people imitate situations in social life by a  way  of  dialogue  to  accelerate  children's  understanding  of  events  that  occur  in  the community and require children's spoken language to be able to play sociodrama so that they can improve children's oral language skills. It is suggested that teachers (educators) can apply the sociodrama method in early childhood learning. And the provision of media or materials and materials is expected to be available in sufficient quantities so that children can play sociodrama, and it is hoped that teachers will provide sufficient opportunities and time for children to play. Abstrak.  Penelitian  ini  berjudul  “Tinjauan  Kemampuan  Bahasa  Lisan  Anak  Usia  Dini melalui Metode Sosiodrama” ini mengangkat masalah bagaimanakah kemampuan bahasa lisan anak dapat dikembangkan dengan metode sosiodrama. Penelitin ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan bahasa lisan anak usia dini dengan menggunakan metode sosiodrama. Metode yang digunakan Library Research (penelitian kepustakaan) dengan pendekatan Content Analysis (analisis isi) yang bersifat deskriptif. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa, bahasa lisan dapat terpengaruh dengan kegiatan sosiodrama yaitu suatu permainan mendramatisasikan sebuah cerita yang diperankan oleh anak     untuk tercapainya  suatu  pesan  dari  cerita  yang  dibawakan  dalam  dramatisasi,  dan  metode sosiodrama adalah metode tindakan dimana orang-orang menirukan situasi dalam kehidupan sosial dengan cara berdialog untuk mempercepat anak memahami kejadian yang terjadi di masyarakat serta memerlukan bahasa lisan anak untuk dapat bermain sosiodrama sehingga dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak. Disarankan kepada guru (pendidik) dapat menerapkan metode sosiodrama dalam pembelajaran anak usia dini. Dan penyediaan media atau bahan dan materi diharapkan tersedia dalam jumlah yang cukup agar anak dapat bermain sosiodrama, serta diharapkan kepada guru agar memberikan kesempatan dan waktu yang cukup untuk anak bermain. Kata Kunci: Bahasa Lisan, Metode Sosiodrama, dan Anak Usia Dini

Copyrights © 2021