JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
Vol 7, No 3 (2021)

DETERMINAN STATUS PERKEMBANGAN BAYI USIA 0 – 12 BULAN

Nuke Aliyya Tama (Sekolah Pasca Sarjana Universitas Prof DR. Hamka, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, 12740, Indonesia)
Handayani Handayani (Sekolah Pasca Sarjana Universitas Prof DR. Hamka, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, 12740, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Tahun pertama kehidupan terutama sejak janin dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun merupakan periode yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Periode ini merupakan kesempatan emas sekaligus masa-masa yang rentan terhadap pengaruh negatif. Tujuan literatur review ini untuk mengidentifikasi determinan status perkembangan bayi usia 0-12 bulan. Metode yang digunakan adalah studi literatur menggunakan Systematic Literature Review dengan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari artikel ilmiah nasional, basis data yang digunakan yaitu Google Scholar, Pubmed, Science direct Research Gate. Kriteria inklusi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jurnal yang diambil publish dalam 5 tahun terakhir dengan minimal Sinta 4 dan menggunakan jurnal Quartile 3 dan Quartile 4. Hasil peninjauan bahwa dalam menilai status perkembangan bayi menggunakan instrumen KPSP, serta determinan yang mempengaruhi status perkembangan bayi antara lain status gizi, stimulasi, pola asuh dan ansietas pada ibu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AN-NUR

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global ...