JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
Vol 7, No 3 (2021)

DETERMINANT VIRAL LOAD TERSUPRESI TERHADAP PASIEN HIV DAN AIDS

Ersi Dewanti (Sekolah Pasca Sarjana Universitas Prof DR. Hamka, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, 12740, Indonesia)
Handayani Handayani (Sekolah Pasca Sarjana Universitas Prof DR. Hamka, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, 12740, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2021

Abstract

Pemeriksaan tes viral load (VL) merupakan standar utama dan metode paling efektif untuk memantau Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang sedang menjalani therapi Antiretroviral (ARV). VL merupakan tes untuk menentukan virus HIV berada didalam setiap mililiter darah ODHA yang dinyatakan dalam satuan “Copies” Tes Viral Load dilakukan untuk mengetahui informasi kesehatan dan seberapa efektif terapi ARV yang dijalankan. Tujuan: Viral Load tersupresi Metode: menggunakan sistematik jumlah literatur review. Electronic database dari jurnal yang dipublikasikan melalui Google Scholar, Pubmed, Science direct, Research Gate. Hasil: Review lima jurnal menyatakan bahwa yang dapat berhubungan dengan keputusan ODHA untuk menjalankan tes VL antara lain adalah umur, jenis kelamin, lama hidup dengan HIV positif, lamanya minum ARV, jenis obat ARV yang diminum dan Status klinis  ODHA terhadap Infeksi Oportunistik. Hasil penelitian menunjukkan determinant viral load tersupresi yang merupakan penguatan intervensi ODHA dalam menjalankan perawatan dan pengobatan ARV.  Kesimpulan: Diharapkan hasil Viral load tersupresi dimana menunjukkan keberhasilan prognosis dan keberhasilan therapi ARV pada pasien HIV dan AIDS serta dapat memprediksi respon terapi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AN-NUR

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global ...