Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2 (2021): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Meningkatkan Keterampilan Membuat Serbet Gantung Melalui Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Mela Nofresna (Universitas Negeri Padang)
Irdamurni Irdamurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang anak tunagrahita ringan kelas X yang mengerjakan keterampilan membuat serbet gantung yang selalu salah atau tidak rapi sehingga perlu adanya pengajaran untuk meningkatkan keterampilan anak tunagrahita agar mahir dalam membuat serbet gantung melalui video tutorial agar bisa menjadi bekal anak dimasa yang akan datang dan dapat berkompetensi dalam dunia pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah video tutorial dapat meningkatkan keterampilan membuat serbet gantung bagi anak tunagrahita ringan kelas X di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang. Jenis penelitian yang digunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) desain A-B-A yang mana pada kondisi baseline (A1) dilaksanakan 4 kali pengamatan, intervensi (B) 8 kali pengamatan , dan baseline (A2) 4 kali pengamatan. Proses mengumpulkan data dilaksanakan dengan teknik observasi langsung dan tes perbuatan menggunakan alat pengumpulan data berupa instrumen tes perbuatan. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis visual grafik. Berdasarkan analisis data dari 3 kondisi selama 16 kali pertemuan, pada kondisi baseline (A1) diperoleh hasil 45,45%, 45,45%, 45,45%, 45,45%. Kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 68,18%, 77,27%, 63,63%, 90,90%, 90,90%, 95,45%, 95,45%, 95,45%. Pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil 95,45%, 95,45%, 95,45%, 95,45%. Dengan demikian, hasil dari penelitian menyatakan bahwa penggunaan video tutorial dapat menigkatkan keterampilan membuat serbet gantung bagi anak tunagrahita ringan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...