JURNAL MUQODDIMAH : Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummaniora
Vol 6, No 1 (2022): Pebruari, 2022

REKRUTMEN POLITIK PADA TAHAPAN PENCALONAN ANGGOTA LEGISLATIF PEMILU 2019 (STUDI PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA DAERAH PEMILIHAN JAWA BARAT I)

Gemayel Paulus Aruan (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran)
Muradi Muradi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran)
Neneng Yani Yuningsih (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Partai politik dalam Pemilu merupakan salah satu atribut negara demokrasi modern, salah satunya adalah Partai Solidaritas Indonesia. Permasalahan yang diangkat, yaitu 1) bagaimana pola rekrutmen politik yang diterapkan oleh Partai Solidaritas Indonesia pada tahapan pencalonan anggota legislatif Pemilu 2019? dan  2) seberapa besar hasil pola rekrutmen politik yang diterapkan Partai Solidaritas Indonesia terhadap hasil pemungutan suara pada Dapil Jawa Barat I? Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe eksplanatori dengan data primer dan sekunder.  Penentuan informan melalui teknik purposive sampling, pengumpulan data melalui wawancara, pustaka, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian adalah penulis sendiri, unit analisis berupa proses rekrutmen politik pada tahapan pencalonan anggota legislatif pada Pemilu 2019 yang dilakukan oleh PSI dan teknik analisis data melalui reduksi data, sajian data, analisis verifikasi, dan penarikan kesimpulan, serta teknik validasi menggunakan teknik triangulasi. Temuan penelitian ini adalah pola rekrutmen politik yang diterapkan oleh PSI, meliputi, sifat pola rekrutmen dilaksanakan PSI mengunakan sifat pola rekrutmen terbuka, kecenderungan pola rekrutmen civil service reform, dan metode pola rekrutmen berupa metode ilmiah. Pola rekrutmen politik yang diterapkan PSI berakibat pada hasil pemungutan suara pada Dapil Jawa Barat I.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

muqoddimah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Muqoddimah merupakan kumpulan penelitian ilmiah tentang Ilmu Sosial, khususnya yang berhubungan dengan disiplin Ilmu Sosial, Politik, Administrasi dan Humaniora, diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, tujuan pengembangan jurnal ...