PeTeKa
Vol 4, No 2 (2021): PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK AL-ANHAR KARAWANG

Annisa Ayu Sholiha (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Astuti Darmiyanti (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nancy Riana (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar pada anak kelompok A1 di TK Al-Anhar Karawang. Kegiatan mendongeng dengan menggunakan buku cerita bergambar yang menarik dapat memotivasi minat anak dalam berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 19 anak kelompok A1 TK Al-Anhar Karawang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, dan pedoman wawancara dengan guru untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini sudah mencapai 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak meningkat setelah dilakukan tindakan. Hasil observasi rata-rata kemampuan berbicara anak pada pra tindakan dari 48,46% menjadi 62,93% pada siklus I, dan mencapai 91,99% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar dinyatakan memenuhi standar efektifitas dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...