Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui penerapan DakonMatika berbasis teknologi visual. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan penelitian adalah 35 siswa kelas IV sekolah dasar pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022 yang menerima materi KPK dan FPB. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi aktivitas dan tes hasil belajar matematika melalui dua siklus PTK. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi aktivitas belajar dalam hal mengajukan pertanyaan, memberikan gagasan dan usulan, mengemukakan pendapat sendiri, mengajukan pemikiran, dan bekerja mandiri. Serta tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda dan isian pada materi KPK dan FPB. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan melalui konversi persentase indikator keberhasilan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator aktivitas belajar meningkat dengan perbedaan gain yang signifikan, kecuali pada aktivitas dalam memberikan gagasan dan usulan. Â Sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dan mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, penerapan DakonMatika berbasis teknologi visual menyebabkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar
Copyrights © 2021