JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Hubungan Pengetahuan Agama Islam dengan Kompetensi Kepribadian Guru TK Se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru

Syafitri, Syafitri (Unknown)
Zulkifli, Zulkifli (Unknown)
Chairilsyah, Daviq (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan agama Islam dengan kompetensi kepribadian guru Se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Dari hasil penelitian pengetahuan agama Islam dengan kompetensi kepribadian guru Se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Adapun hasil analisis korelasi sederhana r antara pengetahuan agama Islam dengan kompetensi kepribadian guru (r) sebesar 0,513 dengan nilai p = 0,000, oleh karena nilai probability < 0,05 (0,000 < 0,05) maka ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang sedang (normal) antara pengetahuan agama Islam dengan kompetensi kepribadian guru TK. Sedangkan arah hubungan adalah positif karena r positif, berarti semakin tinggi pengetahuan agama Islam maka semakin tinggi kompetensi kepribadian guru TK. Dari analisis data yang diperoleh yaitu dari koefisien determinasi yang dihasilkan adalah sebesar = 0,262 dengan p = 0,000 (p > 0,05). Artinya 26,2% variabel pengetahuan agama Islam menentukan kompetensi kepribadian guru TK. Selain itu, dengan hasil signifikansi pengujian linieritas data sebesar 0,000 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara variabel pengetahuan agama Islam dengan kompetensi kepribadian guru TK terdapat hubungan yang signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara variabel pengetahuan agama Islam dengan kompetensi kepribadian guru terdapat hubungan yang linier karena nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...