JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Kesiapan Menerima Perubahan Organisasi di Masa Pandemi bagi Tenaga Administrasi Sekolah di SMPN se-Kota Payakumbuh

Melsa Nurjannah, Sonia (Unknown)
Rusdinal, Rusdinal (Unknown)
Hadiyanto, Hadiyanto (Unknown)
Adi, Nelfia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait kesiapan menerima perubahan organisasi di mana pandemi bagi tenaga administrasi sekolah di SMPN se-Kota Payakumbuh dalam hal 1) Ketepatan (appropriatness), 2) Percaya pada kemampuan diri (self efficacy), 3) Dukungan pimpinan/manajemen (management/principal support), 4) Keuntungan pribadi (personal benefit). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu semua tenaga administrasi sekolah bidang pelaksana urusan di SMPN se-Kota Payakumbuh. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Instrumen penelitian ini yaitu kuesioner dengan skala semantic differential. Kuesioner tersebut telah diuji coba guna mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan menerima perubahan organisasi di masa pandemi bagi tenaga administrasi sekolah di SMPN se-Kota Payakumbuh dilihat pada aspek 1) Ketepatan perubahan (appropriateness) berada pada kriteria cukup siap dengan skor 66,2%, 2) Rasa percaya pada kemampuan diri (self efficacy) berada pada kriteria cukup siap dengan skor 75,4%, 3) Dukungan manajemen/pimpinan (management support) berada pada kategori siap dengan skor 85,2%, 4) Manfaat pribadi (personal benefit) berada pada kategori cukup siap dengan skor 75%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesiapan menerima perubahan organisasi di mana pandemi bagi tenaga administrasi sekolah di SMPN se-Kota Payakumbuh berada pada kategori cukup siap dengan tingkat capaian skor 75,5%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...