Penelitian ini tujuannya untuk menelusuri tentang strategi guru dalam pembinaan karakter peserta didik di UPT SD Negeri 26 Painan Selatan. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif, informan dalam penelitian melibatkan kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan disiplin dilakukan melalui tiga jalur, yaitu: 1) Bentuk pembinaan pendidikan karakter peserta didik di UPT SD Negeri 26 Painan Selatan, 2) Strategi guru dalam pembinaan pendidikan karakter peserta didik di UPT SD Negeri 26 Painan Selatan adalah keteladanan, pembiasaan, memberikan pendampingan atau pengawasan yang dilakukan pada setiap kegiatan belajar mengajar sehari-hari, dan 3) Faktor pendukung pembinaan pendidikan karakter peserta didik di UPT SD Negeri 26 Painan Selatan.
Copyrights © 2021