Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021

Media Pembelajaran Mobile Learning CAB’s (Cubes and Blocks) Berbasis Cabri 3D pada Materi Bangun Ruang Mata Pelajaran Matematika

Damayanti, Dini Chintya (Unknown)
Nurafni, Nurafni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2021

Abstract

Permasalahan utama di dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran pada proses pembelajaran matematika materi kubus dan balok, sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa di dalam proses pembelajaran. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran mobile learning CAB’S (Cubes and Blocks) berbasis Cabri 3D pada materi bangun ruang mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini menggunakan 24 siswa kelas V SD, sedangkan objek penelitian ini validitas media pembelajaran. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji ahli materi memeroleh skor 92,5%, uji ahli media memeroleh skor 80% dan uji coba kepada 24 anak memeroleh skor 88,6%. Berdasarkan skor yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning CAB’s (Cubes and Blocks) berbasis Cabri 3D pada materi bangun ruang ini sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah media yang dikembangkan dapat diinstal pada smartphone android, sehingga siswa dapat memahami materi sesuai dengan waktu yang mereka inginkan, sesuai dengan kurikulum yang ada, dengan tampilan yang menarik, dan aplikasi yang mudah digunakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...