Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol 4, No 2 (2021): JPPSI, Oktober 2021

Kesulitan Belajar Daring Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Undiksha pada Masa Pandemi COVID-19

Indrawan, I Putu Oktap (Unknown)
Arjana, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) berbagai variabel kesulitan belajar daring mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA pada masa penademi COVID-19; (2) berbagai faktor kesulitan belajar daring mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA pada Pandemi COVID-19; (3) keluhan mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA selama pembelajaran daring pada Pandemi COVID-19; (4) saran terkait pengembangan dan/atau pembelajaran daring dari mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method) dengan model Concurent Embedded Strategy. Metode sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Data diambil dengan menggunakan googleform dari 36 responden mahasiswa Pendidikan Fisika UNDIKSHA. Data kuantitatif dianalisis dengan metode analisis faktor dan data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) berbagai variabel kesulitan belajar daring mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA pada masa penademi COVID-19 antara lain Variabel Perangkat (X1), Geografis (X2), SDM (X3), Sosiaslisasi (X4), Finansial (X5), Kesehatan (X6), dan Konten (X7); (2) Faktor utama kesulitan belajar daring mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA pada Pandemi COVID-19 adalah Faktor Pendukung yang terdiri dari variabel perangkat, geografis, dan finansial; (3) keluhan mahasiswa selama pembelajaran daring pada Pandemi COVID-19 sebenarnya sudah masuk ke dalam variabel yang diteliti, namun ada temuan baru yaitu kendala lingkungan sosial; (4) saran terkait pengembangan pembelajaran daring dari mahasiswa antara lain: perlu adanya kebijakan/aturan/komitmen antara mahasiswa dan dosen terkait pembelajaran daring, pengembangan materi, pengembangan media daring yang lebih efektif dan efisien, pengembangan jaringan yang merata di semua daerah, dan peningkatan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring.

Copyrights © 2021