International Research on Big-data and Computer Technology (IRobot)
Vol 5 (2021): September 2021

PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING UNTUK MENGIDENTIFIKASI HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PADI (Studi Kasus : Desa Purworejo Kec. Kotagajah Kab. Lampung Tengah)

Muhammad Nur Ikhsanto (STMIK Dharma Wacana)
Mr. Sulistiyanto (STMIK Dharma Wacana)
Lulu Nafisa (STMIK Dharma Wacana)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Menurut para petani hal yang paling merugikan dalam produksi tanaman padi ini adalah hama dan penyakit, hal ini sering dialami oleh para petani yang disebabkan karena adanya hama dan penyakit yang terdapat pada tanaman padi. Kurang nya pengetahuan tentang hama dan penyakit oleh para petani serta terbatas nya jumlah ahli yang menangani masalah tersebut sangat menghambat petani dalam mencegah masalah yang ada, maka dari itu perlu nya diabngun sebuah sistem pakar untuk mengidentifikasikan hama dan penyakit di Desa Purworejo. Penerapan metode inferensi forward chaining diharapkan nantinya dapat menjadi informasi serta pengetahuan baru bagi para petani padi dimana para petani dapat mengetahui tentang hama dan penyakit yang menyerang pada tanaman padi, tanpa harus menunggu dari ahli atau pakarnya untuk mengetahui informasi hama dan penyakit tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ir

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ini Berfokus pada bidang kelimuan komputer di antaranya: 1. Artificial Intelligence 2. Networking Computer 3. Database Systems 4. Multimedia 5. Information Systems 6. System ...