JIPB (Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi)
Vol 2 No 2 (2021)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KOTA TANGERANG SELATAN

Nindita Ardelia (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
nengsih juanengsih (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Salah satu cara dalam menghasilkan keluaran peserta didik yang mampu bersaing di abad 21 ini yaitu melalui proses pembelajaran. Kurikulum 2013 yang telah diterapkan di sekolah dapat menunjang proses kegiatan pembelajaran abad 21. Oleh karena itu, gambaran terkait kegiatan dalam proses pembelajaran perlu dikaji lebih lanjut, khususnya pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Abad 21 pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan pada                      kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, lembar kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru tentang pembelajaran abad 21 termasuk pada kategori baik dengan persentase hasil sebesar 78,3%. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun oleh guru termasuk pada kategori baik dengan hasil persentase sebesar 87,4% dan telah memuat beberapa kegiatan pembelajaran abad 21. Implementasi pembelajaran abad 21 di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan termasuk pada kategori cukup dengan persentase hasil keterlaksanaan sebesar 71,3%. Model pembelajaran yang sering dan paling banyak digunakan oleh guru pada materi jaringan tumbuhan dan sistem gerak adalah Discovery Learning. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran abad 21 telah berjalan dengan baik dan perlu ditingkatkan kembali kegiatannya dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. Jurnal pendidikan biologi memuat artikel ilmiah dengan topik: 1. Inovasi pembelajaran Biologi 2. Pengembangan Perangkat Pembelajaran ...