Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 5: Oktober 2021

PELATIHAN STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PRODUK UNGGULAN DI KOPERASI PONDOK PESANTREN NURILA, MADURA

Siti Rahayu Nadhiroh (Universitas Airlangga)
Aisyah Dewi Muthi’ah (Universitas Airlangga)
Diansanto Prayoga (Universitas Airlangga)
Shella Putri Ferari (Universitas Airlangga)
Wadi’ah Hasna Nurramadhani (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Koppontren (Koperasi pondok pesantren) merupakan lembaga yang didirikan agar pesantren menjadi lembaga yang swadaya. Lembaga ini memiliki peran penting terutama untuk pesantren yang memungut iuran kepada santri jauh di bawah standar biaya yang sesuai disebabkan oleh latar ekonomi santri yang berada di garis kemiskinan. Namun, banyak dari koppontren yang belum mampu menunjukkan performa sesuai yang diharapkan. Salah dua sebabnya adalah tidak adanya produk unggulan dan minimnya pengetahuan pengurus tentang strategi pemasaran produk. Program pengabdian masyarakat yang dijalankan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dasar tentang pengembangan produk unggulan dan startegi pemasaran produk serta pengurusan ijin produk. Melalui kegiatan ini, peserta mampu memahami cara terbaik dalam memasarkan produk dan menghasilkan ide-ide produk unggulan yang akan dikembangkan pada koperasi pesantren tersebut.Selain itu peserta memahami prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus ijin produk.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

J-ABDI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, with registered number ISSN: 2797-9210 (Print), ISSN: 2798-2912 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by bajang Institute. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. ...