Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education

PENERAPAN MODEL INKUIRI APRESIATIF BAGJA UNTUK MELATIH BERPIKIR KREATIF

Widia, Widia (Unknown)
Dermawansyah, Adi (Unknown)
Yusuf, Yusuf (Unknown)
Sarnita, Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian penerapan model Inkuiri Apresiatif-BAGJA untuk melatih berpikir kreatif mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling karena memiliki tujuan khusus yaitu ingin melatih berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester II program studi pendidikan IPA dengan subyek penelitian 10 mahasiswa. Hasil analisis data hasil tes berpikir kreatif mahasiswa di dapatkan pada tes awal 45% dengan kategori kurang kreatif dan 75% dengan kategori kreatif.  Sedangkan hasil analisis respon mahasiswa terhadap proses menggukan inkuiri apresiatif BAGJA diperoleh rata-rata mahasiswa yang merespon positif 90%. Secara pnerapan model inkuiri BAGJA  dapat melatih berpikir kreatif mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...