EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Pemanfaatan Media Buku Labaca Halfik (Lancar Membaca, Hafal Dan Fikir) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun

Iif Nur Kholifah (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Astuti Darmiyanti (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Nancy Riana (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak melalui pemanfaatan media buku Labaca Halfik. Penelitian merupakan studi kuasi eksperimen dengan satu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol (One Group Pretest-Posttest Design). Sampel penelitian 20 anak usia 5-6 tahun di TKQ An-Nur Halfik Karawang. Instrumen penelitiaan berupa lembar penilaian kemampuan membaca anak. Pengumpulan data dengan melakukan penilaian pretest dan posttest kemampuan membaca. Analisis data berupa uji beda rata-rata dan uji normalisasi peningkatan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan uji beda rata-rata diperoleh nilai signifikansi (sig. 0,000) < α 0,05 dengan Thitung = 8,163 > Ttabel = 2,093 menunjukkan media Labaca Halfik efektif meningkatakan kemampuan membaca. Uji normalisasi peningkatan kemampuan membaca antara pretest dan posttest dengan nilai N-gain 0,81 menunjukkan adanya peningkatan tinggi. Media buku LaBaCa HalFik menjadikan pembelajaran membaca lebih sistematis dan terkontrol. Guru maupun orangtua di rumah dapat melakukan control dan mengetahui sejauh mana perkembangan kemampuan membaca. Pembelajaran dengan media buku LaBaCa Halfik menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan melatih anak untuk mengembangkan kedisiplinan, kepercayaan diri dan kemandirian belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...