Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan
Vol 6 No 2 (2021): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan

PERANCANGAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM TENUN IKAT “PARADILA” LAMONGAN

Nur Aini Ashari (Unknown)
Asidigisianti Surya Patria (UNESA)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2021

Abstract

Tenun merupakan wujud dari kekayaan budaya Indonesia yang berharga. Paradila adalah produsen kain tenun ikat asal Lamongan yang sudah menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Lamongan.. Akan tetapi, eksistensi tenun Paradila Lamongan jika dibandingkan dengan tenun dari Lombok, Riau, dan Kalimantan masih kurang dikenal. Untuk meningkatkan eksistensi tenun Paradila dibutuhkan media promosi. Salah satu media promosi yang efektif adalah Instagram. Paradila belum memaksimalkan potensi Instagram dalam strategi pemasaran mereka. Melalui perancangan konten visual Instagram ini diharapkan dapat memperkenalkan tenun ikat Lamongan sekaligus meningkatkan penjualan Tenun Ikat Paradila. Tujuan perancangan ini adalah 1) mendeskripsikan proses kreatif perancangan konten visual Instagram sebagai media promosi Tenun Ikat Paradila. 2) menerapkan desain konten visual Tenun Ikat “Paradila” dalam media Instagram. Tahapan dalam perancangan konten visual ini meliputi identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, penyusunan konsep dan visualisasi, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning), SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan USP (Unique Selling Preposition). Hasil dari perancangan ini berupa media utama feeds Instagram 33 post dan 16 Instastory yang selanjutnya dipublikasikan di akun Instagram Paradila. Keywords: Instagram, Kain Tenun, Konten Visual, Perancangan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

demandia

Publisher

Subject

Arts Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Journal “demandia” is a print and electronic publication media which publishes the results of studies and research in the field of Visual Communication Design, Design Management and Advertising; published twice a year (March and September). The journal managed by Telkom University aims to ...