Reformasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Vol 11, No 2 (2021)

STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN WAJIB PAJAK REKLAME DI MASA PANDEMI COVID-19

Dewi Citra Larasati (Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang)
Dominika Dewiyanti (Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah yaitu ditemukan 237 titik reklame penunggak pajak padahal harusnya disaat pandemi covid-19 ini pajak reklame Kota Malang menjadi sektor pajak yang bisa diandalkan untuk mendongkrak target PAD. Sehingga BAPENDA Kota Malang perlu menjalankan strategi dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak reklame.  Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi BAPENDA Kota Malang dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak reklame di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Pendapatan Daerah Kota Malang menjalankan 7 strategi yaitu 1) Mengadakan sosialisasi perpajakan daerah, 2) Adanya petugas lapangan yang keliling disetiap kecamatan, 3) Membentuk  satgas reklame dan mengadakan operasi rutin, 4) Kerjasama dengan tim pemeriksa pajak, 5) Pemanggilan wajib pajak yang menunggak melalui surat undangan, 6) Memberikan kemudahan pelayanan, 7) adanya program sunset policy V dan VI, BAPENDA Kota Malang dihadapi permasalahan internal yakni keterbatasan sumber daya manusianya dari segi kuantitas pada petugas lapangan dan terjadinya rangkap kerja beberapa pegawai. Sedangkan masalah eksternalnya meliputi masih adanya wajib pajak yang asal-asalan pasang reklame, menurunnya perekonomian wajib pajak dan rendahnya kesadaran wajib pajak dalam mematuhi protokol kesehatan dalam menerima pelayanan. Abstract : This research base on a problem that showed 237 free riders of advertisement tax but actually, advertisement tax of Malang City is a beneficial sector that hopefully capable to increase Region Incomes of Malang City in this Covid 19 pandemic situation. As the result, Region Income Institution of Malang City have to operate the strategy to increase awareness of advertisement taxpayer. The purpose of this study is to describe the strategy of Region Income Institution of Malang City to increase awareness of advertisement taxpayer in Covid 19 Pandemic Situation. This research is a qualitative research with data collection technique that used interview, observation and documentation. The validity technique of this research used triangulation resources a technique. The result of this research describe that Region Income Institution of Malang City operate 10 strategic, those are, 1) implement the socialization of Region Tax, 2) ) provide the field official that control each district in Malang City, 3) Make an advertisement assignment squad and run the routine operation, 4) make collaboration with Tax Investigator Team, 5) summons the arrears taxpayer through an invitation letter, 6) give a excellent service 7) existence the program of sunset policy V and VI.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

reformasi

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Reformasi adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang komunikasi politik, komunikasi massa, media & gender, komunikasi pemasaran, pelayanan publik, manajemen publik, pelayanan publik, kebijakan publik, dan otonomi daerah. Scope jurnal ...