JCRS (Journal of Community Research and Service)
Vol 5, No 2: July 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN TEKNIK PEER -TUTORING

Nur Najibah Sukmawati (Universitas Pamulang)
Pari Purnaningsih (Universitas Pamulang)
Darmawati Darmawati (Universitas Pamulang)
Resti Isnaeni (Universitas Pamulang)
Sulasih Sulasih (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan memberikan pelatihan bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran Scaffolding dengan teknik Peer Tutoring. Model dan teknik tersebut secara teori mampu memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris baik secara langsung maupun dalam jaringan dengan baik. Kegiatan PkM ini dimulai dengan pra-survey/observasi pada bulan Maret 2021 dengan melakukan wawancara kepada pihak sekolah yaitu guru bahasa Inggris dan beberapa siswa di SMP Muhammadiyah Serpong mengenai kondisi dan kebutuhan pembelajaran bahasa Inggris selama pembelajaran dalam jaringan. Setelah mendapat masukan, kegiatan PkM dengan menggunakan scaffolding dan peer tutoring dilaksanakan. Hasil PkM menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan antusiasme siswa dalam belajar bahasa Inggris baik secara langsung maupun dalam jaringan sehingga diharapkan bisa menjadi salah satu referensi untuk pendidik dalam menciptakan atmosfer baru dalam pembelajaran baik secara langsung maupun dalam jaringan khususnya mata pelajaran bahasa Inggris sehingga terciptanya kelas yang kondusif dan tercapainya tujuan pembelajaran dengan maksimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jcrs

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Community Research and Service (JCRS) is an international multidisciplinary and peer-reviewed journal published by The Center of Community Service of State University of Medan. JCRS is designed to publish research and case studies of university-community engagement initiatives, analyses ...