Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2021)

Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berkemampuan Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Titis Putri Anggraini (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Sri Rejeki (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Untuk memperoleh penguasaan konsep yang baik, diperlukan penalaran dalam proses belajar siswa. Sebagai contoh, dalam menyelesaikan soal cerita, selain memperoleh jawaban dari apa yang ditanyakan, siswa perlu memahami langkah-langkah untuk mendapatkan jawaban tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari dua siswa kelas VIII pada sebuah SMP Negeri di Jawa Tengah tahun ajaran 2020/2021 yang telah dipilih berdasarkan kategori kemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknis analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa berkemampuan tinggi termasuk pada kriteria baik. Namun belum semuanya memenuhi keempat indikator kemampuan penalaran matematis dengan baik, dan jawaban setiap siswa kategori tinggi berbeda. Hanya saja siswa dapat melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi dengan benar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Laplace

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

"LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika" is intended to disseminate the results of research on Mathematics Education as one form of publication of Tri Darma Perguruan Tinggi which has been made by Lecturers, Teachers, Alumni and Experts. This journal encompasses original research articles, review ...