Pena Literasi
Vol 4, No 2 (2021): Pena Literasi

RAGAM BAHASA MAHASISWA UMJ DALAM PEMBELAJARAN DARING

Ratna Dewi Kartikasari (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Wika Soviana Devi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Khaerunnisa Khaerunnisa (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Indah Nur Amalia (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang ragam bahasa mahasiswa UMJ ketika pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan jenis pembelajaran yang dilakukan secara tidak tatap muka melainkan melalui dunia maya. Bahasa sangat berperan dalam hal komunikasi. Bahasa memiliki banyak ragam misalnya ragam lisan dan tulis, ragam baku dan tidak baku, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang ragam bahasa mahasiswa saat kuliah daring. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif ialah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa katakata tertulis atau lisan dari hal-hal yang diamati, yakni ragam bahasa mahasiswa UMJ saat perkuliahan daring. Dalam penelitian kualitatif, peneliti adalah instrumen kunci. Hasil penelitian ini diemukan ragam-ragam bahasa sebagai berikut, diantaranya: (1) ragam lisan dengan bahasa baku; (2) ragam lisan dengan bahasa tidak baku; (3) ragam tulis dengan bahasa baku dan tidak baku.Kata kunci: ragam bahasa, kuliah daring, penelitian kualitatif.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

penaliterasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pena literasi merupakan jurnal nasional yang berbasis penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. ...