Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 4 No 3 (2020)

ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA REVISI TAHUN 2016 POKOK BAHASAN SEGIEMPAT

Umi Syarifah (Universitas Bengkulu)
Effie Efrida Muchlis (Universitas Bengkulu)
Teddy Alfra Siagian (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Kesesuaian materi dalam buku teks merupakan salah satu aspek kesesuaian buku teks yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Buku teks berperan sangat penting sebagai sumber utama dalam proses pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Masalah yang ditemukan, ternyata masih banyak buku teks matematika yang perlu ditinjau ulang dari aspek materi karena belum memenuhi standar BSNP untuk mendukung tercapainya Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang termuat dalam pembelajaran silabus. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesesuaian buku teks matematika SMP / MTs kelas VII Kurikulum 2013 terbitan Erlangga revisi tahun 2016 pokok bahasan segiempat dengan standar BSNP pada aspek materi / isi.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif (Penelitian Kualitatif Deskriptif). Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar isi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ditinjau dari aspek materi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks matematika ditinjau dari aspek materi dikategorikan cukup sesuai dengan proporsi sebesar 59,78%. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks matematika ditinjau dari aspek materi dikategorikan cukup sesuai dengan proporsi sebesar 59,78%.Subjek dalam penelitian ini adalah buku Matematika untuk SMP / MTs Kelas VII Semester 2 terbitan Erlangga karangan M. Cholik Adinawan.Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks matematika ditinjau dari aspek materi dikategorikan cukup sesuai dengan proporsi sebesar 59,78%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...