Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen
Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen

FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELIAN BARANG SECARA ONLINE PADA KONSUMEN MUSLIM: STUDY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DI MEULABOH

Alfian Anas (Universitas Teuku Umar)
Mira Maulani Utami (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

ABSTRACTThe success of online shopping transaction could be achieved through anticipating the obstacles in buying and selling the product online by e-commerce company. This study is a trial to explore some restrictions in online shopping process from Muslim students’ perspective in Indonesia. Qualitative data were collected using two focus group discussion with a total of 20 participants. There are two important aspects identified which may limit Muslim consumers to purchase using online shopping. The two aspects are identified as security and product category. Some suggestions are also presented in order to eliminate the barriers of online shopping. This study could be used as a base for tailoring a better e-commerce experience among Muslim consumers in Indonesia.Keywords: restriction, online shopping, Muslim consumer ABSTRAKKesuksesan dari melakukan belanja secara online dapat dilihat dari sejauhmana perusahaan e-commerce mampu mengantisipasi hambatan bagi para konsumen dalam membeli dan menjual produk secara online. Studi ini mencoba untuk mengekpolarasi hambatan-hambatan yang ada dalam berbelanja online dari sisi konsumen mahasiswa Muslim di Indonesia. Data dikumpulkan secara kualitatif menggunakan dua focus group discussion dengan jumlah partisipans sebanyak 20 orang. Ada dua aspek penting yang dapat di identifikasi yang dapat membatasi konsumen dalam menggunakan belanja online, yaitu aspek keamanan dan kategori produk. Sejumlah saran juga diberikan dalam penelitian ini untuk meminimalisir hambatan dalam melakukan belanja secara online. Penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk membantu memperbaiki pengalaman dalam berbelanja online bagi para konsumen Muslim di Indonesia.Kata Kunci: hambatan, belanja online, konsumen Muslim

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jbkan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Jurnal Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen [E-ISSN 2657-1544] adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan online enam bulan sekali. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan menyalurkan minat berbagi dan penyebaran ilmu pengetahuan ...