Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021

Penerapan Blended Learning Berbasis STEM Untuk Ketercapaian High Order Thinking Skills Siswa pada Materi Hukum Kepler

Husnaini Inayatullah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rudi Haryadi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yudi Guntara (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning bebasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Penting dalam mengambil penelitian ini agar kemampuan HOTS untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cikulur, Penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan menggunakan metode penelitian secara kuantitatif, Hasil penelitian yang didapat yaitu Ketercapaian siswa terhadap HOTS untuk kelas eksperimen termasuk kedalam kategori yang sedang dengan persentase ketercapaian sebesar 75% dan untuk kelas kontrol termasuk kedalam kategori sedang dengan persentase 61%. Kata Kunci : Berpikir tingkat tinggi, Blended Learning, STEM

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...