Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021

Implementasi Problem Based Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika

Nusa Suindrata Aji (SMA Negeri 2 Bantul)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran problem based instruction dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dua siklus yang telah dimodifikasi. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam setiap siklus tindakan diberikan dalam dua kali pembelajaran tatap muka dan sekali pengambilan data. Tindakan diberikan pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Bantul tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 32 peserta didik yang dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based instruction dalam pembelajaran fisika pada materi persamaan gelombang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan rerata skor sebesar 3,97 serta hasil belajar fisika tentang dengan tingkat ketuntasan 81% pada KKM 76.Kata Kunci: Problem Based Instruction, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...