Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 16, No 2 (2021)

PENGARUH APLIKASI PROBIOTIK TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DAN TANAMAN DAUN MINT (Mentha piperita L) DENGAN SISTEM AKUAPONIK

Swastika Bangun Lembang (Universitas Kristen Satya Wacana)
Sucahyo Sucahyo (Unknown)
Jacob L. A. Uktolseja (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian probiotik yang diaplikasikan pada sistem akuaponik terhadap pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus) dan tanaman daun mint (Mentha piperita L) serta kualitas air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental yang dilakukan di laboratorium berupa, pemberian perlakuan control tanpa probiotik, Menggunakan Probiotik Bio Organic dengan dosis 0 ml/l  dan 7 ml/l 14 ml/l dan 21 ml/l , parameter pengukuran kualitas air meliputi: pH, DO, suhu, Pertumbuhan Ikan dan pertumbuhan tanaman. Data diinterprestasikan dalam bentuk grafik menggunakan aplikasi program Microsoft Excel 2010 dan Analisis data hasil penelitian dilakukan menggunakan aplikasi program SPSS versi 17. Hasil yang diperoleh Pemberian probiotik dengan dosis sampai dengan 21 mL/L tidak berpengaruh terhadap jumlah daun dan tinggi batang tanaman mint. Pemberian probiotik dengan dosis sampai dengan 21 mL/L tidak berpengaruh terhadap Laju Pertumbuhan Spesifik ikan nila larasati. Pemberian probiotik dengan dosis sampai dengan 21 mL/L tidak berpengaruh terhadap Oksigen Terlarut dan pH sistem pengujian. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian probiotik sampai dengan dosis 21 mL/L belum efektif dalam pertumbuhan ikan nila larasari dan tumbuhan mint serta kualitas air selama 30 hari pengamatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

biodidaktika

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya is a peer-reviewed journal that covers research and review articles in Biology and Biology ...