AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 10, No 3 (2021)

WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE?

Suharti Suharti (UIN Alauddin Makassar)
Fitriani Nur (UIN Alauddin Makassar)
Nurul Khusnah (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2021

Abstract

AbstrakPandemi Covid-19 mengubah drastis sistem dan kegiatan pembelajaran di Indonesia. Kegiatan belajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka beralih menjadi online (daring) melalui bantuan berbagai aplikasi mulai dari yang paling familiar yaitu WhatsApp sampai aplikasi yang baru bagi kalangan pelajar seperti zoom, gmeet, dan classroom. Perubahan yang tiba-tiba ini tentunya tetap harus dipantau dan ditelaah kemajuan dan keberhasilannya. Penelitian ini merupakan kualitatif yang hasilnya dijabarkan secara deskriptif. Maksud dilaksanakannya penelitian ini untuk mengeksplore sejauh mana keefektifan dari WhatsApp sebagai media dalam pembelajaran daring. Penelitian ini ditujukan kepada para peserta didik kelas VIII di MTs Manongkoki dengan sampel penelitian yang dipilih adalah kelas VIII 3. Jumlah sampel penelitian ialah 32 orang. Data dikumpulkan melalui observasi serta wawancara, kemudian teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasilnya mengungkapkan bahwa pemanfaatan WhatsApp untuk pembelajaran daring belum efektif karena adanya beberapa kendala baik dari pihak pendidik maupun peserta didik seperti tidak stabilnya sinyal, pasifnya instruksi guru, hingga kesibukan orang tua untuk bisa mengontrol anaknya. Oleh sebab itu perlu evaluasi kembali terhadap pendidik dalam hal merencanakan rangkaian pembelajaran online.AbstractThe Covid-19 pandemic has drastically changed the learning system and activities in Indonesia. Learning activities that are usually carried out face-to-face have turned online through the help of various applications, ranging from the most familiar like WhatsApp to applications that are new to students such as zoom, gmeet, and classroom. This research is a qualitative study, the results of which are described descriptively. The purpose of carrying out this research is to explore the extent to which the effectiveness of WhatsApp as a medium in online learning. This research was aimed at students of class VIII at MTs Manongkoki with the research sample chosen was class VIII 3. The number of research samples was 32 people. Data were collected through observation and interviews. The results reveal that the use of WhatsApp for online learning has not been effective due to several obstacles, both on the part of educators and students such as unstable signals, passive teacher instructions, and busy parents to be able to control their children. It is necessary to re-evaluate educators in term of planning online learning series.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...