AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 10, No 3 (2021)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING MEMBOSANKAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR: STUDI SELF-REPORT SISWA

Yoppy Wahyu Purnomo (Universitas Negeri Yogyakarta)
Jihan Luthfi Salsabila (Universitas Negeri Yogyakarta)
Ainun Nafisah (Universitas Sebelas Maret)
Rizki Dwi Rahmawati (Universitas Negeri Yogyakarta)
Fidariya Mawaddah (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika secara daring sehingga dapat ditentukan langkah lebih lanjut untuk memperbaiki sistem pembelajaran matematika daring jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam proses pembelajarannya. Metode survei dan studi kasus digunakan untuk menggapai tujuan. Partisipan dalam penelitian ini adalah 79 siswa kelas 4 di salah satu sekolah dasar yang ada di Bantul. Data diambil menggunakan angket persepsi dan dieksplorasi lebih lanjut melalui wawancara kepada 6 siswa berdasarkan level kognisinya. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan kecenderungan data. Di samping itu, transkrip rekaman wawancara dikodekan berdasarkan pola menarik antar peneliti dan kemudian didiskusikan. Triangulasi sumber digunakan untuk menjamin keakuratan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring cenderung mengarah pada persepsi negatif. Tidak menarik, membosan, tidak efektif mungkin adalah kata-kata yang tepat menggambarkan sikap mereka. Selain itu, ditemukan bahwa level kognisi tidak mesti sejalan dengan minat dan motivasi siswa. Literasi teknologi dan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan zamannya menjadi penting untuk diperhatikan sebagai upaya memfasilitasi guru dan siswa dalam pembelajaran matematika secara daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...