Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 6 No 4 (2021): November

IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH UNSCRIPTED ROLE PLAY TECHNIQUE (A Classroom Action Research at Tenth Grade Students of Islamic Senior High School in Bogor)

Delis Meta Tiana (Unknown)
Rini Apriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan teknik role play tanpa naskah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Model Kemmis dan Teggart. Penelitian ini dilaksanakan di MA Daarul Mughni Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara siswa secara signifikan di kelas X. Setelah proses pembelajaran melalui teknik bermain peran tanpa naskah, didapatkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 55.56 dan siswa yang lulus KKM hanya18.52%. Kemudian peneliti melanjutkan penelitian pada siklus 2. Terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil tes berbicara karena nilai rata-rata siswa pada siklus ini adalah 71.41 dan persentasenya adalah 48.15%. Terakhir, nilai rata-rata siswa pada siklus 3 adalah 85.93 dan 88.89% siswa lulus KKM. Dengan demikian, teknik bermain peran tanpa naskah dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal tersebut terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa pada setiap siklusnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...