FOUNDASIA
Vol 12, No 2 (2021)

Pelatihan aplikasi model peminatan untuk meningkatkan pemahaman layanan peminatan bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kabupaten Kulonprogo

Widya Juwita Sari (Universitas Negeri Yogyakarta)
Agus Triyanto (Universitas Negeri Yogyakarta)
Septinda Rima Dewanti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Ariyadi Warsito (Universitas Negeri Yogyakarta)
Salma Salsabila Hasna (Universitas Negeri Yogyakarta)
Fenny Kartika (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan peminatan siswa SMA. Khalayak sasaran dari kegiatan ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling SMA dengan jumlah 23 Guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Kegiatan pelatihan ini menggunakan teknik penugasan mandiri yang diawali dengan seminar dan diskusi tentang peminatan, penyusunan rencana layanan peminatan, praktik memberikan layanan peminatan dan diakhiri dengan case conference hasil peminatan berdasarkan model peminatan Siswa SMA. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui keefektifan teknik tersebut adalah dengan skala penilaian pelatihan peminatan Siswa SMA yang digunakan pretes dan post test. Hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan peminatan  Siswa SMA bagi Guru BK  SMA menunjukkan peningkatan yang dilihat dari rata-rata skor pre-test sebesar 17,48 dan skor rata-rata post test sebesar 27,00 Dengan demikian terdapat peningkatan 9,53 poin. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan pelatihan aplikasi model peminatan dapat meningkatkan pemahaman mengenai layanan peminatan Siswa SMA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...