Indonesian Gender and Society Journal
Vol 1, No 2 (2020)

Penggunaan Strategi Group Mapping Activities (GMA) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

Anisah, I. N. (Unknown)
Piscayanti, K. S. (Unknown)
Yudana, I. M. M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2021

Abstract

Menguasai kemampuan membaca bahasa inggris menjadi hal yang tidak dapat dilakukan dengan mudah, khususnya bagi peserta didik di tingkat SMA. Hal ini jugalah yang ditemukan oleh peneliti saat melakukan pengamatan awal di salah satu kelas di SMA Negeri 3 Singaraja. Peneliti menemukan bahwa hampir seluruh peserta didik di kelas tersebut mengalami kesulitan dalam menemukan ide pokok, menemukan informasi rinci, dan memahami keseluruhan isi teks yang mereka baca. Dengan demikian, sangatlah penting bagi guru untuk dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi Group Mapping Activities (GMA). Lebih lanjut, melalui penelitian tindakan kelas, peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan pengimlementasian strategi GMA di dalam kelas tersebut. Selain itu, peneliti juga bermaksud untuk membuktikan bahwa strategi tersebut dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa inggris mereka yang meliputi kemampuan menemukan informasi rinci dan memahami keseluruhan isi dari teks yang dibaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian strategi Group Mapping Activities di kelas tersebut benar-benar dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa inggris mereka. Hal ini ditunjukkan dari hasil post-test 1 dan 2 mereka yang meningkat dan telah mencapai nilai KKM. Selain itu, kesimpulan ini didasarkan pada hasil pengamatan di dalam kelas dan kuisioner yang menunjukkan respon positif peserta didik terhadap strategi yang digunakan pada saat pembelajaran bahasa inggris di dalam kelas.   

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IGSJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Indonesian Gender & Society Journal, the official journal of Sociologists for Women in Society. Articles analyze gender and gendered processes in interactions, organizations, societies, and global and transnational spaces. The journal publishes empirical articles, along with reviews of ...