BUNGAMPUTI
Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Bungamputi

IMPLEMENTASI HANDWASHING DANCE SEBAGAI LITERASI KESEHATAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELOMPOK B2 PAUD TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI

Nirmala, Besse (Unknown)
Saraswati, Maitha (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan handwashing dance sebagai literasi kesehatan anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di kelompok B2 PAUD TK Negeri Model Terpadu Madani. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 5 anak yang sudah mampu melakukan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar tanpa bantuan, dan 4 anak yang mampu melakukan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar masih dengan bantuan melalui 3 aspek yang diamati, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor. Hasil penelitian tersebut didapatkan dari pengamatan 3 aspek yang digunakan adalah pertama, aspek kognitif yaitu anak mampu menyebutkan saat yang tepat untuk menyuci tangan, anak dapat mengetahui manfaat mencuci tangan, dan anak dapat menyebutkan urutan mencuci tangan yang benar. Kedua, aspek afektif yaitu anak mau mencuci tangan menggunakan sabun, anak tidak membuang-buang air saat mencuci tangan, anak merasa senang saat mencuci tangan, anak mau mengantri pada saat mencuci tangan, anak mau mengeringkan tangannya menggunakan tisu, dan anak mau membuang tisu yang digunakan ke tempat sampah. Ketiga, aspek psikomotorik yaitu anak dapat melakukan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar. Kata Kunci: Handwashing Dance, Literasi Kesehatan, Anak Usia Dini

Copyrights © 2021