Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Nurjanah, Ana (Unknown)
Putri, Agustiany Dumeva (Unknown)
Handayani, Tutut (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran aktif tipe Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 46 Palembang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII 3 yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran aktif tipe Student Facilitator and Explaining  dapat meningkatkan aktivitas siswa di SMPN 46 Palembang. Hal ini dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa, pada pertemuan pertama rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 54,26% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 73,02% kemudian pada pertemuan ketiga meningkat menjadi baik sekali dengan persentase 81,24%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmatematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Teacher Training and Education Faculty of Universitas Muhammadiyah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of ...