cover
Contact Name
Heru
Contact Email
heroe.ump@gmail.com
Phone
+6281273073336
Journal Mail Official
jp2m@um-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
ISSN : 25500007     EISSN : 25800701     DOI : DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i2
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Teacher Training and Education Faculty of Universitas Muhammadiyah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: 1. Realistic Mathematics Education 2. Design/Development Research in Mathematics Education 3. PISA Task 4. Mathematics Ability 5. ICT in Mathematics Education 6. Lesson Study for Learning Community 7. Ethnomathematics. The manuscript must be original research, written in English or Bahasa Indonesia, and not be simultaneously submitted to another journal or conference.
Articles 61 Documents
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUANAWAL MATEMATIKA Masamah, Ulfa
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jp2m.v1i1.680

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmenelaah peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, sebagai akibat dari penggunaan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan awal matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen (The Non Equivalent Control Group Design). Penelitian ini dilakukan di MAN Ngawi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik secara signifikan dibanding dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Selain itu, merujuk pada N-Gain tes kemampuan berpikir reflektif matematis ditemukan adanya interaksi yang menunjukkan bahwa pembelajaran mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis berdasar pada kemampuan awal matematika siswa.
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE PARTISIPATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATERI GESERAN Sunardi, Sunardi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jp2m.v1i1.685

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar bidang kognitif mahasiswa siswa pada mata kuliah geometri pada materi geseran tiap tahun yang mengalami kenaikan tetapi tidak merata hasil tesnya, maka untuk peningkatan prestasi kognitif siswa ada potensi yang belum digunakan yang dapat mendorong mahasiswa untuk belajar aktif yaitu partisipatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rata-rata nilai mahasiswa materi geseran menggunakan metode partisipatif lebih baik dari rata-rata nilai mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Seluruh populasinya dijadikan sampel, yaitu mahasiswa semester VI yang mengambil mata kuliah geometri transformasi yaitu kelas VIA dan VIB. Data diperoleh dari hasil tes bentuk esai yang diberikan kepada sampel setelah diadakan eksperimen. Hasil analisis menunjukkan untuk uji kesamaan dua rataan hasil bidangbelajar bidang kognitif mahasiswa antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model partisipatif dengan belajar konvensional didapat pada thitung – 3,70 dan ttabel pada taraf 5% didapat t0,95(100) = 2,00 maka thitung> ttabel. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rataan hasil belajar bidang kognitif mahasiswa antara kelas yang pembelajarannya menggunakan partisipatif lebih baik dari pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION POKOK BAHASAN GEOMETRI DI SMAN 3 PALEMBANG Hariyani, Fariya
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1, No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jp2m.v1i2.1487

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 4 di SMA Negeri 3 Unggulan Palembang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu, pra siklus (51,61%), siklus I (70,97%) dan siklus II (90,32%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Kooperatif Tipe Student Achievement Team Division dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X IPS 4 SMA Negeri 3 Unggulan Palembang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.
PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) Rohman, Rohman
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1, No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jp2m.v1i2.1492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan soal-soal open-ended yang valid dan praktis pada pokok bahasan pecahan, melihat efek potensial soal-soal open-ended  terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di MI kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas Vb MI Ahliah 2 Palembang sebanyak 27 orang. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan tes. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan produk soal open-ended pokok bahasan pecahan untuk siswa kelas V MI yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan isi, konstruk dan bahasa. Selain itu kevalidan soal-soal open-ended ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada 25 siswa kelas Va MI. Ahliyah 2 Palembang, Praktis tergambar dari hasil uji coba siswa kelompok kecil dimana sebagian besar siswa dapat menyelesaikan soal-soal open-ended yang diberikan; (2) soal open-ended yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap hasil belajar siswa, hal ini terlihat dengan munculnya beragam solusi jawaban siswa, dan  rata-rata ketuntasan siswa hasil dua kali tes mencapai  81,5%.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Jaya, Ilham; Marini, Arita; Bachtiar, Ishak G
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 1 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jp2m.v2i1.1592

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan komunikasis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 205 Jakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah treatment by level 2x2, dengan variabel bebas adalah strategi pembelajaran yaitu REACT dan ekspositori, variabel terikat adalah kemampuan komunikasi matematis, dan variabel moderator adalah berpikir kreatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Hasil penelitian ini adalah pertama pembelajaran REACT efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa sehingga strategi ini dapat digunakan guru sekolah menengah pertama dalam materi bangun datar segiempat. Kedua, pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa tergantung dengan tingkat berpikir kreatif siswa. Ketiga, dengan strategi  pembelajaran REACT siswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif tinggi memiliki skor kemampuan komunikasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.
PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS-LOGIS DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL Utami, Dzikri Setyo; Nawawi, Muhammad
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 2 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jp2m.v2i2.1637

Abstract

Pada penelitian ini terdapat masalah yaitu mengenai kecerdasan matematis-logis dan rasa percaya diri siswa. Tujuan penelitian pertama adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan matematis-logis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Kedua, untuk mengetahui apakah rasa percaya diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Ketiga, apakah rasa percaya diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempo. Ketiga untuk mengetahui apakah kecerdasan-matematis dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Sampel yang digunakan adalah 26 siswa kelas VIIIG SMPN 2 Sumbergempol. Pada analisis awal melakukan pengujian uji normalitas dan juga linearitas, pada uji terakhir menggunakan uji regresi. Pada pengujian rasa percaya diri dan hasil belajar matematika hasil yang diperoleh adalah tidak ada pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIIIG SMPN 2 Sumbergempol. Pada pengujian kecerdasan matematis-logis dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika hasil yang diperoleh adalah ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan matematis-logis dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIIIG SMPN 2 Sumbergempol.
IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LIMAS SEGIEMPAT KELAS VIII SMP Nery, Rieno Septra
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 2 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jp2m.v2i2.1642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi macam-macam kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal limas segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Palembang pada kelas VIII5 dan VIII6 yang berjumlah 66 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa jawaban siswa dari soal tes yang berjumlah 5 soal esai yang sudah divalidasi. Pada saat tahap pengoreksian, kesalahan yang terjadi dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, ditemukan beberapa kesalahan antara lain menganggap rusuk tegak limas sebagai tinggi limas, menganggap rusuk alas limas sebagai diagonal sisi limas, menganggap bidang alas limas sebagai diagonal sisi limas, menganggap bidang tegak limas sebagai rusuk tegak limas, menganggap titik sudut alas limas sebagai rusuk alas limas, menganggap titik puncak limas sebagai rusuk tegak limas, menganggap titik puncak limas sebagai bidang tegak limas, menganggap diagonal sisi limas sebagai rusuk tegak limas, menganggap bidang diagonal limas sebagai diagonal sisi limas, menganggap bidang diagonal limas sebagai bidang tegak limas, salah menuliskan rumus luas permukaan limas dan volume limas, salah menuliskan rumus untuk menghitung banyak genteng yang diperlukan untuk menutupi atap rumah, salah dalam substitusi angka, dan tidak menuliskan satuan.
Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Rosyidah, Lailatur; Testiana, Gusmelia; Gustiningsi, Tria
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 3, No 1 (2019): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jp2m.v3i1.3350

Abstract

This research aims to determine the effect of guided discovery method on the ability to mathematical concept comprehension students of class VIII MTs Islamiyah Trimoharjo OKU Timur. The type of research used is true experimental design. The population of this study consists of 3 classes and selected 2 classes as a sample, namely class VIII.C as experimental class and VIII.A as a control class. Data collection techniques used in this study are the tests as a measure of mathematical concept comprehension and the observation sheet of the implementation of guided discovery method to see the implementation of guided discovery method. Data analysis used is t test with significant level = 0,05, obtained tcritical = 3.285 and ttable = 1,997. The results of the analysis can show that there is influence of the implementation of guided discovery method of learning to students mathematical concept comprehension in the learning of mathematics students of class VIII MTs Islamiyah Trimoharjo OKU Timur.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP TAMANSISWA PALEMBANG Malalina, Malalina
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jp2m.v1i1.681

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas VIII SMP Tamansiswa Palembang. Metode penelitian ini adalah one group before after-design. Sumber data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan uji-t diperoleh bahwa harga t = 7,82, sedangkan harga t yang dilihat dari tabel distribusi t sebesar 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sesuai kriteria pengujian, H0 diterima jika thitung<ttabel, dan H0 ditolak jika thitung>ttabel, karena thitung>ttabel,  maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan ada pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas VIII SMP Tamansiswa Palembang
PROBLEMATIKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PELAJARAN MATEMATIKA SMP DI BREBES Pinahayu, Ek Ajeng Rahmi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jp2m.v1i1.686

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan apa saja yang ditemukan pada penerapan pembelajaran problem solving dan bagaimana solusi yang ditawarkan terkait permasalahan pada penerapan pembelajaran problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Brebes. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode analisis kritis dan metode kepustakaan. Pembelajaran problem solving pada pelajaran matematika dengan menghasilkan hasil belajar yang lebih baik adalah dengan memodifikasi pada tahap pertama dalam proses pembelajaran, yaitu dengan memaksimalkan peran guru, yaitu dari menjelaskan materi menjadi menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dasar dan memberikan motivasi kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, ditambahkannya langkah siswa menuliskan masalah dengan kata-kata sendiri dan membuat tabel, diagram, gambar, atau visualisasi lainnya agar siswa lebih memahami masalah, proses pembelajaran hendaknya dengan berdiskusi, guru seharusnya sudah membaca dan memahami langkah-langkah dalam model pembelajaran problem solving, dan assessment system harus berbentuk soal uraian