JURNAL INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA (JIPM)
Vol. 3 No. 1 (2021)

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Tunarungu

Rr Lutfiani Nurhanifah (Universitas Pancasakti Tegal)
Wikan Budi Utami (Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal, Tegal, 52121, Indonesia)
Isnani (Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal, Tegal, 52121, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa tunarungu dan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika yang dialami siswa tunarungu pada soal cerita materi operasi hitung campuran kelas VIII di SLB Negeri Slawi. Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa tunarungu kelas VIII SLB Negeri Slawi Tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara. Temuan: Hasil penelitian menyebutkan (1) Bentuk kesulitan belajar matematika siswa tunarungu pada soal cerita materi operasi hitung campuran yaitu siswa tunarungu sulit dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematika. (2) faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa tunarungu pada soal cerita materi operasi hitung campuran yaitu faktor internal siswa tunarungu sulit dalam memahami soal cerita dan kesalahan mengubah tanda operasi hitung. Faktor eksternal seperti guru tidak rutin memberikan latihan soal cerita dan tidak adanya media atau alat peraga matematika. (3) upaya mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu guru harus rutin memberikan latihan soal cerita terutama menambahkan kosakata baru pada siswa tunarungu, penggunaan alat peraga matematika, dan memberikan motivasi serta nasihat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aims of this journal are to publish research in mathematics education innovations including: teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, experimental research, classroom action research, ...