Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 3 No 2 (2017)

Hasil Belajar Barisan dan Deret Aritmatika Melalui Pembelajaran Skrip Kooperatif

Hairil Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2017

Abstract

Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar Matematika materi Barisan dan Deret Aritmatika masihrendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategipembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itupenting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran Skrip Kooperatifdengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakn dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklusterdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Busana 3 SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36orang, yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupadata kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan padalembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasiakhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkatmelalui penerapan pembelajaran skrip kooperatif. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap danberkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajarandimana salah satunya adalah pembelajaran skrip kooperatif yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Hasil belajar, baris dan deret aritmatika, skrip kooperatif

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...