Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar Matematika materi Barisan dan Deret Aritmatika masihrendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategipembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itupenting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran Skrip Kooperatifdengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakn dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklusterdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Busana 3 SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36orang, yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupadata kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan padalembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasiakhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkatmelalui penerapan pembelajaran skrip kooperatif. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap danberkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajarandimana salah satunya adalah pembelajaran skrip kooperatif yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Hasil belajar, baris dan deret aritmatika, skrip kooperatif
Copyrights © 2017