Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 6 No 1 (2020)

Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Membuat Media Gambar melalui Bimbingan Berkala

Nurhidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam membuat media gambar dan untuk mengetahui bagaimana upaya kepala sekolah memberikan bimbingan secara berkala pada TK. Kemala Bhayangkari 07 Barabai. Metode dalam penelitian ini mengggunakan Penelitian Tindakan Sekolah . Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru pada TK. Kemala Bhayangkari 07 Barabai sebanyak 5 orang yang terdiri dari 1 laki-laki dan 4 perempuan.. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan interprestasi atau persentase keberhasilan dengan menganalisis kemampuan guru dalam membuat media gambar dan bimbingan berkala yang dilakukan kepala sekolah. Teknik pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus masing masing siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu pelaksanaan, perencanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa melalui bimbingan berkala dapat meningkatkan kemampuan guru membuat media gambar yaitu kemampuan guru dalam membuat media gambar diperoleh hasil 93,33% atau Sangat Baik dan bimbingan berkala yang dilakukan kepala sekolah memperoleh hasil 92% atau pada kreteria Sangat Baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...