Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 5 No 4 (2019)

Meningkatkan Kompetensi Guru SD dalam Membuat Media Pembelajaran Power Point melalui Kegiatan Workshop

Yani Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Kompetensi guru di SDN 1 Pajukungan dalam membuat media pembelajaran power point masih tergolong kurang. Karenanya guru jarang menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Mengatasi hal demikian perlu dilakukan kegiatan pengembangan dan pembinaan melalui workshop. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media power point, di samping untuk mengetahui aktivitas guru dan pelaksanaan workshop. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek 9 orang guru di SDN 1 Pajukungan. Penelitian berlangsung 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian meliputi kompetensi guru dalam membuat media power point, aktivitas guru dan pelaksanaan workshop oleh peneliti. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan diskusi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif berdasarkan nilai persen (%) yang tercapai pada masing-masing aspek. Hasil penelitian disimpulkan, bahwa dari siklus I ke siklus II kegiatan workshop terlaksana semakin baik dari 75% dalam kategori baik menjadi 90% dalam kategori sangat baik. Aktivitas guru semakin meningkat dari 62% dalam kategori cukup aktif menjadi 81% dalam kategori aktif. Kompetensi guru dalam membuat power point semakin meningkat dari 54% dalam kategori cukup baik menjadi 80% dalam kategori baik. Disarankan kepada rekan kepala sekolah hendaknya dapat melaksanakan workshop di sekolah sebagai sarana supervisi manajerial dengan menyesuaikan tujuan atau urgensinya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...