Jurnal Bunga Rampai Usia Emas
Vol 1, No 1: Juni 2015

PENGARUH KEGIATAN KOLASE TERHADAP KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MASJID AGUNG MEDAN T.A. 2014/2015

Dorlince Simatupang (Universitas Negeri Medan)
Lady Ema (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh kegiatan kolase terhadap kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Agung Medan Tahun Ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan kolase terhadap kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Agung Medan Tahun Ajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang ada di RA Masjid Agung Medan yang berjumlah 20anak. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu dengan undian, dimana saat pengambilan pertama yaitu kelas B1 sebagai kelas kontrol dan pengambilan kedua sebagai kelas eksperimen yaitu kelas B2. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (Uji-t).Hasil analisis data obserbvasi akhir kecerdasan visual-spasial anak dengan menggunakan uji homogenitas, diperoleh nilai < atau 1,22 < 3,18. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa kedua data bersifat homogen. Kemudian dari uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh thitung = 20,8 > ttabel = 1,733. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari kegiatan kolase terhadap kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Agung Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Kegiatan kolase dapat dijadikan salah satu alternatif dalam mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Agung Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jhp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, yaitu: Penelitian dan/atau gagasan ide serta hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, meliputi pengembangan kognitif, fisik motorik, bahasa, nilai agama dan moral, sosial emosional, serta pengembangan seni dan kreativitas, ...