Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2021): February

PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS IV SD NEGERI 064989 MEDAN

Azizah Yusra Amaliyah Harahap (STKIP Amal Bakti)
Rhodhiatur Rahmah (STKIP Amal Bakti)
Hadi Widodo (STKIP Amal Bakti)
Sindi Ramadhani (STKIP Amal Bakti)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dalam belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064989 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara rata-rata peningkatan kreativitas belajar matematika bagi siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil siklus I diperoleh 14 dari 26 siswa kategori cukup dengan rata-rata 53.85%. Hasil siklus II terdapat peningkatan kreativitas matematika siswa sebesar 26.92% dari 26 siswa yang mengikuti tes. Sebanyak 21 siswa berada dalam kategori cukup dengan rata-rata 80.77%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...