Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2021): February

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMAHAMI MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD AL-WASHLIYAH 15 MEDAN TIMUR

Dewi Purnama Sari (STKIP Amal Bakti)
Dewi Sulastri (STKIP Amal Bakti)
Ahmad Calam (STKIP Amal Bakti)
Fahmi Nur Rezeki Siregar (STKIP Amal Bakti)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor penyebab kesulitan pelajaran matematika kelas IV di SD Al-Washliyah 15 Kecamatan Medan Timur. Lokasi penelitian ini dilakukan penulis di SD Alwashliyah 15 kelas IV Kecamatan Medan Timur yang beralamat di Jalan Umar No.95 Medan Timur. Subjek penelitian yaitu faktor penyebab kesulitan memahami mata pelajaran matematika. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Alwashliyah 15, Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumentasi yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa terdiri dari tiga kompenen yaitu kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor Penyebab Kesulitan Secara Internal: Sikap dalam Belajar, Motivasi Belajar, Kesehatan, Gangguan penglihatan. Faktor Penyebab Kesulitan Secara Eksternal: Variasi Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...