Proceeding Biology Education Conference
Vol 10, No 1 (2013): Seminar Nasional X Pendidikan Biologi

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI PERPINDAHAN PANAS BENDA DENGAN METODE DISCOVERY DAN CERAMAH SISWA KELAS IV SDN MOJOAYU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Rinawati, Dian Tri (Unknown)
Sulistiono, Sulistiono (Unknown)
Budi Retnani, Dwi Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi perpindahan panas benda dengan metode  discovery  dan  metode  ceramahsiswa kelas IV  SDN  Mojoayu   Kediri Tahun 2012/2013.Penelitian dilakukansecara  eksperimen dengan subyek kelas IV A sebanyak 15 siswa diajar dengan metode ceramah dan kelas IV B sebanyak 15 siswa diajar dengan metode discovery. Parameter yang diukur adalah hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dengan melihat  skorhasil evaluasi setelah pembelajaran 1 kompetensi dasar. Hasil penelitian menunjukkan,  bahwa rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode  discoveryadalah  85  dan  93,3%    lebih tinggi dari pada yang diajar dengan metode ceramah yaitu 78  dan 73,3%. Kata Kunci: hasil belajar, metode discovery dan ceramah

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

prosbi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Proceeding Biology Education Conference was published since 2003, with title Prosiding Seminar Nasional Biologi. The early number of the journal were published ...