Proceeding Biology Education Conference
Vol 13, No 1 (2016): Prosiding Seminar Nasional XII Biologi

Penggunaan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) pada Pembelajaran Kooperatif Truth and Dare dengan Quick on the Draw untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Biologi SMA

Herliani Herliani (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Berpikir adalah soal kecakapan menggunakan metode-metode (cara-cara) menyelesaikan masalah yang dihadapi.  Metode-metode ini dapat diajarkan kepada orang lain asalkan tingkat perkembangan jiwa orang itu telah matang untuk menerimanya. Taksonomi SOLO   (Structure of Observed Learning Outcomes) mengelompokkan tingkat kemampuan siswa pada lima level berbeda dan bersifat hirarkis, yaitu level 0: prastruktural (pre-structural), level 1: unistruktural (uni-structural), level 2: multistruktural (multi-structural), level 3: relasional (relational), dan level 4: extended abstract. Model pembelajaran Kooperatif Truth and Dare dengan Quick on The Draw merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu permainan, dan merupakan strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar aktif dan bertujuan agar siswa saling bekerja sama dalam belajar serta menumbuhkan daya kreatifitas.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir siswa dengan menggunaan Taksonomi SOLO pada Pembelajaran Kooperatif Truth and Dare dengan Quick on The Draw pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 8 Samarinda”. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sampelnya adalah siswa kelas X-2 yang berjumlah 33 orang dan siswa kelas X-4 yang berjumlah 28 orang.  Hasil yang di dapat keterampilan berpikir siswa Kelas X SMA Negeri 8 Samarinda setelah diajar dengan model pembelajaran Truth and Dare dan model pembelajaran Quick on the draw, yakni: 1) Kemampuan berpikir siswa pada level unistruktural (U) dengan persentase 92,4%.  Kemampuan berpikir siswa dalam menggunakan satu informasi dari soal dan dapat menyelesaikan soal dengan sederhana dari soal yang diberikan sudah baik sekali.  2) Kemampuan berpikir siswa pada level multistruktural (M) dengan persentase 75,8 %. Kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan dua informasi atau lebih dari satu konsep materi yang diajarkan sudah baik sekali.  3) Kemampuan berpikir siswa pada level relasional (R) dengan persentase 66,1 %. Kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan dua informasi atau lebih dari soal yang diajarkan sudah baik, dan siswa juga sudah dapat menjelaskan hubungan antara berbagai konsep pada materi yang diajarkan.  4) Kemampuan berpikir siswa pada level abstrak diperluas 24,1 %.  Kemampuan berpikir siswa dalam menjelaskan hubungan antar konsep materi yang diajarkan kurang.  Siswa kurang dapat mengaitkan dan membangun konsep materi tersebut dengan konsep diluar materi yang diajarkan.Kata kunci:        Taksonomi SOLO, Pembelajaran Kooperatif Truth and Dare, Quick on The Draw, Keterampilan Berpikir

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

prosbi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Proceeding Biology Education Conference was published since 2003, with title Prosiding Seminar Nasional Biologi. The early number of the journal were published ...