TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2019)

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “ 5M-BISA” BAGI SISWA KELAS VII

dian kurniawati (SMP Negeri 2 Salatiga)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran”5M-Bisa” untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis aksara Jawa pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Salatiga semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dengan menggunakan 2 siklus. Data diambil dari hasil tes dan nontes. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan menulis aksara Jawa siswa dengan menggunakan model pembelajaran “5M-Bisa” mengalami peningkatan, dari ketuntasan klasikal 25% pada siklus I dan 39% pada siklus II. Perubahan perilaku siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

trisala

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan P-ISSN: 2443-2180 & E-ISSN: 2443-2199 merupakan media publikasi ilmiah para peneliti akademis, pendidik, dan masyarakat pemerhati pendidikan untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka, saling bertukar ide baru, menyebarkan informasi dalam karya inovatif, juga ...