MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Deskripsi Literasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar

Wanda Nugroho Yanuarto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Laila Nur Qodariah (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto ditinjau dari kemandirian belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII D dengan menggunakan teknik purposive sampling. Siswa dikelompokan kedalam 3 kelompok yaitu kelompok kemandirian belajar tinggi, kelompok kemandirian belajar sedang, dan kelompok kemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket kemandirian belajar, tes kemampuan literasi matematika, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemandirian belajar tinggi cenderung mampu merumuskan masalah, menggunakan konsep matematika, fakta, prosedur dan penalaran, serta mampu menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil yang diperoleh. Siswa dengan kemandirian belajar sedang mampu merumuskan masalah dan menggunakan konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran terhadap masalah yang diberikan. Siswa dengan kemandirian belajar rendah cenderung belum mampu memenuhi indikator kemampuan literasi matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...