Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 2 No. 1 (2021): Juni

PENGARUH FASILITAS BELAJAR MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AMURANG BARAT

Novendi Sawat (Fekon Unima)
Sophia Pongoh (Universitas Negeri Manado)
Gilly M Tiwow (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh lembaga belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Ekonomi IPS SMA Negeri 1 Amurang Barat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik penelitian yang dipakai dalam pengumpulan data adalah angket (angket) dan teknik dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Pengaruh fasilitas belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh dari minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Pengetahuan tentang pengaruh persatuan dengan lembaga belajar mengajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan berbagai metode analisis regresi linier, yaitu uji simultan atau uji F dan uji parsial atau uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan: Lembaga belajar mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran bisnis di SMA Negeri 1 Amurang Barat sebesar 89,24% dengan thitung > ttabel = 7,679 > 2,001 Minat belajar memiliki efek positif dan signifikan pada hasil. Siswa kelas XI IPS mata pelajaran bisnis di SMA Negeri 1 Amurang Barat sebesar 87,25% dengan thitung > ttabel = 6,390 > 2,001 lembaga belajar mengajar dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS ekonomi skor di SMA Negeri 1 Amurang Barat adalah 93,70% dengan total fhitung > fttabel = 427.880 > 3,158.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...