Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
Vol 7, No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Wira Parwata, I Wayan Ardha (Unknown)
Kanca, I Nyoman (Unknown)
Putra, Adnyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan dengan rancangan the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017, keseluruhan jumlah populasi 334 orang. Pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII A1 sebagai kelompok eksperimen dan VII A2 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan diluar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes essay, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 87.622 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 82.567. Signifikansi pada tes normalitas adalah 0.71 (kelompok eksperimen) dan 0.52 (kelompok kontrol). Signifikansi pada tes homogenitas adalah 0.772. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.009. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass)bola basket. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Health Professions Other

Description

the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Physical education sport and health Undiksha. The journal welcomes original ...